Comment

Wuzzpedia™

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Wuzzpedia™ | Mata merupakan organ tubuh yang penting sekali bagi tubuh kita. Dengan menggunakan mata, kita bisa melihat apa saja yang ada di dunia ini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita agar menjaga kesehatan kedua mata yang ada di kepala ini. Jagalah kesehatan mata agar terhindar dari penyakit mata.


Mata kita dapat kapan saja terserang oleh penyakit mata. Orang yang gemar membaca buku, terlalu lama bermain game, aktivitas di depan laptop dan komputer dan lainnya dapat menyebabkan penyakit yang disebut miopi atau rabun jauh.

Beberapa penyakit mata yang seirng kita jumpai adalah miopi atau rabun jauh, rabun dekat atau hipermetropi, katarak, buta warna dan masih banyak lainnya. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

1. Jagalah jarak pandang

Ketika berada di depan laptop dan komputer ataupun televisi cobalah untuk menjaga jarak pandang anda. Idealnya jarak pandang sekitar 50-100cm. Begitu pula ketika kita sedang membaca buku. Idealnya jarak pandang mata adalah sekitar 30 cm. Ini dikarenakan agar anda tidak terkena penyakit rabun dekat atau biasa dalam ilmu kedokteran disebut miopi.

2. Kurangi dan hilangkan kebiasaan mengucek mata

Ketika mata anda gatal, anda jangan sering-sering mengucek mata anda. Bisa jadi tangan anda kotor karena habis memgang sesuatu benda dan kuman yang ada di tangan anda bisa menginfeksi organ mata. Dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan mata anda.

3. Istirahatkan mata

Apabila anda berada di depan layar monitor, jangan paksakan mata anda bekerja selama mungkin. Usahakan mata anda untuk beristirahat
meskipun hanya sejenak saja. Mata anda bisa letih pada otot-ototnya dan itu bisa juga menyebabkan penyakit mata.

4. Periksakan mata anda

Secara rutin dan berkala anda seharusnya memeriksakan mata anda ke dokter mata. Dengan memeriksakan ke dokter mata maka anda bisa mengetahui apakah mata anda sehat atau terdapat penyakit.

6. Pakailah pelindung mata

Jika aktifitas kerja anda berada di luar ruangan, maka hendaklah anda menggunakan pelindung mata. Sudah banyak di pasaran terdapat kacamata yang dirancang khusus bagi setiap pekerjaan anda. Itu berguna agar mata anda terhindar dari debu dan cedera mata.

7. Konsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin A

Mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin A sangatlah baik bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah wortel. Wortel banyak mengandung Beta Karoten dan Vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata kita.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "7 Cara Menjaga Kesehatan Mata"

Post a Comment