Comment

Wuzzpedia™

Air Ini Terbakar Bila Terkena Api

Wuzzpedia™ | Air dan api merupakan dua zat yang saling berlawanan. Api bisa mati bila terkena air. Begitu juga sebaliknya, air juga bisa hilang menguap bila terkena api. Keduanya tak bisa bertemu. Salah satu akan mati atau hilang bila keduanya bertemu.

Namun terkejutkah anda bila ternyata di dunia ini ada air yang menyala bila terkena api. Hampir tak percaya, keduanya (air dan api) bisa bertemu dan berjalan bersama. Air menakjubkan ini disebut dengan 'Yanar Bulaq' atau 'burning spring' (mata air yang terbakar) yang terletak di Astara, Azerbaijan. Air mengalir dengan pipa logam yang berdiri di dalam sebuah paviliun kecil.


Dengan suara gemercik, wujud air ini tak jauh berbeda seperti air pada umumnya. Namun bila anda menyalakan korek api dan mendekatkannya, maka seketika air ini akan terbakar. 

Tentu membuat anda penasaran, mengapa demikian? Hal itu terjadi dikarenakan air ini memiliki kandungan gas metana yang sangat tinggi sehingga dapat dengan mudah terbakar.

Penduduk setempat percaya bahwa air menakjubkan ini memiliki sifat perbaikan atau penyembuhan. Meskipun api masih menyala pada air ini, mereka sering mengambilnya untuk diminum. Tak hanya penduduk setempat, orang-orang dari luar pun saat musim semi juga selalu mampir ke sumber air ini untuk mengisi botol minuman sebelum melanjutkan perjalanan mereka.


Lebih lanjut, Azerbaijan merupakan negara penghasil minyak tertua di dunia. Industri minyak di negara tersebut memproduksi sekitar 800.000 barel minyak per hari dan 1 miliar meter kubik gas per tahun. Di sana terdapat begitu banyak cadangan minyak dan gas alam di bawah semenanjung Absheron, sehingga banyak ditemukan kebocoran minyak dan gas di berbagai tempat.

Source: atlasobscura.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Air Ini Terbakar Bila Terkena Api"

Post a Comment