Comment

Wuzzpedia™

Indahnya Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimunjawa adalah Taman Nasional Laut di kepulauan Karimunjawa sekitar 120 km utara Semarang, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu dari enam Taman Laut di Indonesia.

Kepulauan ini memiliki 27 pulau dengan luas wilayah Taman 110,117 ha dan hanya 4 pulau yang di huni yaitu (pulau Karimunjawa, pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar, dan Pulau Menjangan Kecil) dengan total penduduk hanya sekitar 10.000 jiwa yang sebagian besar adalah nelayan.

Menurut legenda pada awalnya yang menetap di Karimunjawa adalah Sunan Nyamplungan (lahir sebagai Amir Hasan), putra salah satu Sunan dari sembilan Sunan yaitu Sunan Muria, salah satu Muslim (Sunan) yang memperkenalkan agama Islam ke Jawa.

Taman Laut Nasional Karimunjawa memiliki lima tipe ekosistem yaitu: hutan bakau, padang lamun dan rumput laut, hutan pesisir, hutan hujan tropis dan terumbu karang. Dengan Keanekaragaman hayati yang luar biasa yaitu: ada 44 jenis tanaman bakau, 11 jenis rumput laut, 9 jenis ganggang laut, 444 jenis ikan, dan 176 jenis karang. Bagi ahli botani dan peneliti Karimunjawa adalah tempat menarik karena terdapat flora dan fauna yang unik. Pada masa penjajahan Belanda kepulauan ini dikunjungi oleh ahli botani terkenal seperti Teijsmann (tahun 1854), Koorders (1886), Schlechter (1910) dan Dammerman (1926).

Meskipun tempat ini sangat mengagumkan karena memiliki pantai berpasir putih yang ditutupi oleh hutan hujan tropis namun pengembangan tempat pariwisata ini masih sangat terbatas dikarenakan letaknya yang terpencil.

Terdapat juga hutan pantai dan hutan mangrove yang ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman seperti ketapang, jati pasir, bakau hitam dan cemara laut. Beragam satwa liar pun turut menghuni kepulauan ini, seperti rusa, monyet ekor panjang dan sekitar 40 jenis burung. Beberapa satwa langka yang hampir punah keberadaannya juga bisa anda temukan, seperti penyu sisik, penyu hijau dan burung elang laut dada putih. Selain itu, kepulauan ini juga terkenal akan keindahan biota bawah lautnya dimana terdapat lebih dari 90 jenis terumbu karang dan 242 jenis ikan hias yang menghuninya. Beberapa biota laut yang dilindungi disini, antara lain karang merah, karang hitam, batu laga, nautilus berongga, triton terompet dan kepala kambing serta beberapa jenis algae, seperti algae hijau, algae cokelat dan algae hitam. Pulau utama di gugusannya adalah Pulau Karimunjawa yang merupakan pulau berpenghuni dengan jumlah penduduk terbanyak. Terdapat banyak penginapan yang bisa anda temukan di pulau ini, mulai dari homestay, bungalow, wisma sampai hotel. Tarifnya pun bermacam-macam dimana harga terendah bisa anda peroleh seharga Rp 80.000*) per malam. Tidak perlu bingung ketika mencari penginapan disini karena saat kedatangan anda di dermaga, terdapat beberapa transportasi seperti becak, ojek dan mobil pick up yang akan menawarkan jasa mencarikan dan mengantar anda ke penginapan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Indahnya Taman Nasional Karimun Jawa"

Post a Comment