Comment

Wuzzpedia™

Pengertian dari Sabuk Kuiper

    Sabuk kuiper merupakan wilayah yang berada dalam tata surya tetapi ia diluar planet. Sabuk Kuiper ini berada antara 30 AU sampai dengan 50 AU yang berarti membentang di antara orbit Neptunus, sehingga obyek-obyek di dalamnya sering dikenal dengan trans-Neptunus. Apa itu?, hampir mirip sejenis sabuk asteroid tetapi lebih besar. Yang juga merupakan rumah bagi planet kerdil seperti pluto, huamea dan Make-make. Pluto adalah anggota terbesar yang diketahui dari sabuk Kuiper, dan salah satu dari dua obyek trans-Neptunus terbesar yang diketahui, bersama dengan tersebar objek piringan Eris.  Awalnya dianggap planet, tetapi status Pluto merupakan bagian dari sabuk Kuiper yang menyebabkan ia menjadi direklasifikasi sebagai sebuah " planet kerdil "pada tahun 2006.

Astronom pertama yang menunjukkan adanya populasi trans-Neptunus adalah Frederick C. Leonard. Di sini ia menyimpulkan bahwa "wilayah luar tata surya, di luar orbit planet-planet, ditempati sejumlah besar obyek-obyek yang relatif kecil"  dan bahwa dari waktu ke waktu, salah satu dari mereka "berkelana sendirian dan muncul sebagai pengunjung sesekali ke tata surya",  menjadi sebuah komet. Maka dari sinilah beberapa satelit alami dalam Tata Surya seperti Neptunus Triton dan Saturnus Phoebe diyakini berasal di wilayah ini.

Sabuk dan objek-objek di dalamnya dinamai sesuai dengan nama Kuiper setelah penemuan. Namun a
stronom kadang-kadang menggunakan nama alternatif Edgeworth-Kuiper belt kredit Edgeworth, dan objek Sabuk Kuiper yang kadang-kadang disebut sebagai Ekos. Objek Sabuk Kuiper yang kadang-kadang disebut kuiperoids. Istilah objek trans-Neptunus (TNO) dianjurkan untuk objek dalam sabuk oleh beberapa kelompok ilmiah karena istilah ini bukan istilah kontroversial. TNO mencakup semua benda yang mengorbit Matahari melewati orbit Neptunus , tidak hanya yang ada di sabuk Kuiper.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian dari Sabuk Kuiper"

Post a Comment