Comment

Wuzzpedia™

Luar Biasa, Teknologi 5G di Korea Selatan Capai 7.5 Gbps

SEOUL(Korea Selatan) - Perusahaan Raksasa elektronik Samsung mengklaim bahwa mereka sukses meraih kecepatan 7. 5Gbps (Gigabyte per detik) dengan memakai teknologi prototipe generasi terbaru 5G. Dalam suatu pengujian, prototipe ini mampu mencacatkan kecepatan 1. 2Gbps.

Ditulis Ispreview, Kamis (16/10/2014), kemampuan 5G diuji pada keadaan diam serta bergerak. Pada keadaan diam, perusahaan mencatatkan 7.5Gbps. Dan pada kondisi berjalan di kecepatan 60 Mph (mil per jam) dengan panjang trek 4.34 km., terdaftar angka kecepatan internet 1.2Gbps.

Beberapa perusahaan teknologi besar berlomba untuk sediakan teknologi 5G untuk Mobile Network Operators (MNO). Teknologi akses internet super cepat ini akan diluncurkan secara komersial pada 2020 atau di tahun berikutnya.

Beberapa perusahaan ini masih akan terus melakukan pengujian atau pengembangan. Sama dengan Samsung, perusahaan yang juga berlomba untuk mengukir standard 5G untuk masa depan.

”Kami bakal meneruskan untuk membangun tonggak pencapaian ini bersama meningkatkan tekhnologi maju yang berperan untuk standard 5G. Juga sebagai penambahan untuk tingkatkan kekuatan penelitian bersama pengembangan global kami sendiri, kami akan selalu bekerja bersama dengan beberapa pemimpin industri bersama pusat-pusat riset di semua dunia,” terang ChangYeong Kim, Head of R&D di Samsung Electronics.

Tes ini memakai pita spektrum radio 28GHz, yang diklaim mempunyai performa paling baik. Walau demikian, pita spektrum radio itu beritanya kurang ideal untuk pasar masif jaringan mobile, dimana coverage yang luas dibutuhkan. Inilah kenapa beberapa besar perusahaan pilih jaringan mobile pada spektrum irit cost di pita 800MHz – 2. 6GHz.

Samsung, perusahaan asal Korea Selatan mengungkap, pihaknya memakai tehnologi Hybrid Adaptive Array Technology (HAAT). Tehnologi ini memakai pita frekwensi gelombang milimeter untuk sangat mungkin pemakaian frekwensi yang lebih tinggi pada cakupan jarak yang lebih jauh.

Standar 5G sendiri hingga kini masih belum ditetapkan. Namun, saat digelar nanti, teknologi seluler generasi ke lima itu diharapkan mampu memberikan kecepatan transfer data hingga ratusan kali lebih kencang dibandingkan 4G LTE.
Source: Internetsukasuka

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "Luar Biasa, Teknologi 5G di Korea Selatan Capai 7.5 Gbps"

  1. indonesia kapan bro bisa bereknologi 5g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika jaringan 4G sudah menyebar ke seluruh Indonesia, kemungkinan 5G akan hadir, tapi itu membutuhkan waktu bertahun-tahun

      Delete
  2. indonesia kapan bro bisa bereknologi 5g?

    ReplyDelete